Bab 3
Menggunakan Teknologi Informasi dalam
Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
Pendahuluan
Perdagangan elektronik,yang disebut juga e-commerce,adalah
penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis.
Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser
Web untuk membeli dan menjual produk.
PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan
elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi
sempit yang Orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis
elektronik. Dengan pandangan ini,istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Dalam definisi luas kita ini, suatu transaksi bisnis yang
menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka (interface)sebuah browser.Web akan
memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-Commerce di Luar Batas Perusahaan
Akan bermanfaat jika kita membedakan 2 jenis
e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-Commerce bisnis-ke-konsumen (busibess-to-consumer—B2C)mengacu
pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk;e-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B)
mengacu pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen
akhir.perbedaan ini digabungkan sehingga situs B2B memiliki waktu
download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs,kereta belanja yang dapat
diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual,dan metode untuk menyimpan profil
pengguna (alamat,nomor,kartu kredit,dan semacamnya). Situs seperti WWW.1800FLOWERS.COM,WWW.HOMEDEPOT.COM,WWW.USP.GOV
(jasa pos AS)telah dikenal oleh banyak penijau situs Web .
pihak lainnya telah terkena dampak dari diterimanya e-commerce secara luas.
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-Commerce
perusahaan melaksanakan e-commerce untuk mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan
–perbaikan ini diharapkhan merupakan hasil dari tiga manfaat utama : a.pebaikan
layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualm, b.perbaikan hubungan
dengan pemasok dan komunikasi keuangan, c.peningkatan imbal balik ekonomis atas
pemegang saham dan investasi pemilik. Laba adalah hasil dari sebuah organisasi
yang mencapai tujuan e-commerce adalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi
mencapai tujuannya.
Kendala-kendala E-Commerce
perusahaan yang memberikan respons menunjukkan
bahwa mereka belum mengimplementasikan e-commerce dan tidak memiliki
rencana untuk melakukannya dalam waktu tiga tahun kedepan. Ketika ditanyakan mengenai alasan dari
kehati-hatiannya,perusahaan menyebutkan 3 kendala dengan urutan sebagai berikut
:*Biaya yang tinggi,*Kekhhawatiran akan masalah keamanan,*Perantu lunak yang
belum mapan atau belum tersedia
Ruang Lingkup E-Commerce
Pahamilah bahwa e-commerce bersifat dinamis dan
ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu hanya beberapah bulan.
Jalan Menuju E-Commerce
Rencana strategis akan membakukan komitmen
untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif.
INTELIGENSI
BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi
bisnis (business intelligence—BI)adalah
aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam lingkungannya yang
berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
Perusahaan menggunakan berbagai basis data ini
untuk mendapatkan kecerdasn bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari
pada meneliti beragam jenis sumber informasi. Basis data pemerintah juga
merupakan sumber informasi penting lainnya. Informasi diberikan dalam sejumlah format dan dapat
bisa bersifat umum seperti suatu industri atau bersifat spesifikasi seperti
suatu Wilayah. Pemerintah pusat dan banyak pemerintah daerah mendapat mandat
untuk menyediakan informasi publik melalui internet.
Mesin Pencari
Suatu mesin pencari (search engine)adalah
suatu program komputer khusus yang menayakan suatu kata atau kelompok kata pada
pengguna untuk dicari. Yahoo!(WWW.YAHOO.COM),Excite(WWW.EXCITE.COM),
Alta Vista (WWW.ALTAVISTA.COM),MSN (WWW.MSN.COM),Google (GOOGLE.COM).dan Askjeeves (WWW.ASKJEEVES.COM) adalah
sebagian kecil situs-situs mesin pencari dan portal populer yang tersedia bagi
pengguna untuk mencari informasi yang dapat diakses melalui Web.
STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM
INTERORGANISASIONAL
Strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adlah EDI, yang
merupakan singkatan dari electronic
data interchange (pertukaran data elektronik).
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem
interorganisasional (interorganizational
sistem—IOS)sehingga semuah perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang
terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap
perusahaan. Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau
alianis bisnis.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan
harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting:efesiensi komparatif dan
kekuatan penawaran. EFESIENSI
KOMPARATIF Dengan bergabung dalam IOS,para sekutu
dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tinggkat efesiensi yang lebih
tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih
rendah kepada para pelanggannya. –Efesiensi
internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi
perusahaan ituh sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan
menganalisis data dengan cepet dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih
cepat lagi.—Efisiensi
interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh
melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
EDI
EDI
terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format
struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan
mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur
ituh sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah(value added network—VAN). Vendor yang memberikan VAN juga memberikan keahlian yang berhubungan
dengan jalur.
Ekstranet
Ekstranet (extranets)adalah
cara lain dari membuat suatu IOS. Perusahaan
menggunakan ekstranet
melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang
telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga
ekstranet biasanya
diamankan di balik suatu firewall.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk
menerapkan IOS,
perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif.
Sponsor IOS pada
umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam
jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang
reaktif,menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Pengaruh Penerapan
Pada suatu artikel Decision
Sciences dua profesor SIM G.Premkumar
dan K.Ramamurthy
mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan
suatu IOS. Mereka
mengidentifikasikan empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan
mengambil langkah proaktif atau reaktif.
Manfaat-manfaat
Tidak Langsung IOS
Beberapah manfaat dari sistem interorganisasional seperdi EDI dan ekstranet
didorong secara langsung dari teknologi. Manfaat tidak
langsung meliputi meningkatnya kemampuan untuk bersaing, perbaikan hubungan
dengan sekutu dagang, dan layanan pelanggan yang lebih baik.
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai
uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai
e-commerce dihasilkan oleh B2B.
Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi
begituh penting ? 2 alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang
tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu
mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web.
Produk-produk Digital
Suatu perbedaan utama antara pembelian
produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui fisik
melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi
melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan
maya (virtual
sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak
mengoperasikan tempat berjualan fisik.
Penjualan campuran (hybrid
sales)terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana
pelanggan dapat membeli produk.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari
e-commerce.satu contoh adalah polk
Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan
layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan .
LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler
dan asisten digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk
melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari
generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi
ketiga (thirdgeneration—3G)telah
secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu
memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah
Tempat
Hot
spot Internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum
maupun pribadi,namun memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi
Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi
profesional bisnis. Hot
spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi
kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan
melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak
100 meter dari poin akses tersebut.
MENGGUNAKAN INTERNET
Awal mula Internet dapat ditarik balik hingga
tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. ARPANET menunjukkan bahwa pemerintahan dan penerimaan data oleh seseorang
melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan
koneksi jaringan adalah suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan.
World Wide Web
Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan
tahun 1992 dalam bentuk World Wide Web. Ia juga memungkinkan
dikirimkannya hypermedia—multimedia yang terdiri atas teks,grafik audio,dan video—melalui World
Wide Web. World Wide Web,yang disebut pula sebagai Web dan WWW,adalah
informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia
(file-file komputer)disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang
menggunakan metode penentuan alamat yang unik. Istilah internet da world Wide Web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama.
CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan dengan
Internet dan Web—
cyberspace dan superbigbway (jalan bebas hambatan super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan
ketika penulisan William Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer
menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini
,cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web. Istilah superhinghway
informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan
penih mengenai dampak akhirnya pada masyarakat.
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa Internet dan
Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer diseluruh
dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu sistem tunggal yang dapat
digunakan dari platform komputer apa
pun. Sistem Internet secara komersial
dan telah mendelegasikan tanggung jawab
mengenai standar-standar Internet kepada Internet Engineering task force — IETF.
APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dpat digunakan untuk setiap aplikasi
bisnis yang melibatkan komunikasi data;termasuk komunikasi didalam
perusahaanmaupun dengan lingkungan. Semuah are perusahaan dapat menggunakan
internet, tetapi suatu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan.
E-Commerce dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Perawat kesehatan terutama berhubungan dengan
perbaikan kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien. Setiap dolar
perawatan kesehatan yang dikeluarkan untuk memesan persediaan medis dan
berinteraksi dengan vendor adalah dolar yang tidak akan dikeluarkan untuk
perawatan pasien secara langsung.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling
dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah
hadir di Web.
SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN
INTERNET
Meskipun Web masih berusia
relatif muda, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci
untuk keberhasilan. Saran –saran di atas sekaligus menunjukkan bahwa
memanfaatkan Web secara sepenuhnya ternyata tidak hanya sekedar membuat halaman Web
saja.
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA
MENDATANG
Para pengguna Internet adalah suatu kelompok
yang beragam. Banyak masih berusia muda,namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk
kebelanjakan)memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar