Jumat, 12 Oktober 2012

Keahlian Teknologi Sehari-hari Pendahuluan


Bab   1
Keahlian Teknologi Sehari-hari
Pendahuluan
Komputer  telah digunakan untuk aplikasibisnis, yang memungki nkan dinikmatinya manfaat pemrosesan komputer oleh individual dan juga organisasi . Komputer  yang pertama kali dipasarkan secara luas adalah UNIVAS  I, yang pertama kali dipasang di Biro  Sensus  AS (U.S. Census Bureau), Kemudian di General Electric  (GE). International Business  Machines  (IBM) dengan cepat merespon, komputer  yang  mendukung  banyak pengguna pada waktu yang bersamaan.
                Tidak dibutuhkan waktu lama bagi tren komputer yang lebih kecil untuk mendapat momentum.  Komputer ini ditunjukan tidak hanya untuk perusahaan- perusahaan kecil, namun juga untuk para pengguna individual.Komputer pribadi  ibm ,atau personal Computer (PC) memperoleh pengakuan dalam perkembangan komputer kecil, baik dari kemajuan teknologi peranti keras adalah Hukum Moore (Moore’s law ), yang meramalkan pelipatgandaan kekuatan komputer setiap 18 bulan.
                Komputer  diawali  sebagai mesin yang ukurannya sama besar dengan sebuah ruangan. Transistor  dan chip di atas wafer silikon menggantikan komponen elektronik  awal tadi, dan komputer memiliki keterkaitan yang erat. Komunikasi antarkomputer telah mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya penggunaan komputer. Komunikasi telah melonjak dari kabel trans- misi sederhana yang tertuat dari tembaga menjadi alam gelombang radio nirkabel dan serat optik.
                Setelah sistem pengolahan transaksi terpasang, Sistem pertama yang berorientasi pada informasi disebut sistem informasi manajemen ­­SIM (Managemen information System —MIS), Lanagkah besar berikutnya adalah penyempurnaan SIM untuk menghasilkan satu kelas sistem yang disebut sistem pendukung pengambilan keputusan (decision support systemDSS),yang ditunjukan DSS pertama menekankan output dalam bentuk laporan dan hasil dari suatu simulasi matematis. DSS kemudian diperluas menjadi meliputi pemecahan masalah kelompok,kecerdasan buatan,dan pengolahan analitis secara online. Baru-baru ini,beberapa perusahaan telah menjalankan proyek yang akan mengintegrasikan seluruh sistem informasi,untuk membentuk suatu sistem perencanaan sumber daya usaha.
Para pengguna sistem informasi ini dapat mencakup manajer dan nonmenejer di dalam perusahaan sekalugus orang- orang dan organisasi di luar perusahaan.
Masa depan teknologi informasi menunjukkan adanya kelangsungan tren ke arah penyusutan ukuran dan peningkatn mobilitas.Perusahaan- perusahaan membuat komputer sedangkan mempertimbangkan alat yang mampu mengingat apa yang telah kita tulis. Bergerak (mobile), nirkabel,kecil, dan tidak mahal adalah kata-kata yang menggambarkan teknologi informasi saat ini.

SEJARAH SISTEM INFORMASI
Sejarah sistem informasi mencakup peninjauan peranti keras telah mengalami evolusi dan bagaimana penerapannya dari waktu ke waktu.
Evolusi Peranti Keras Komputer
Komputer  sebuah mesin yang disebut E;ectronic Numerical integrator and calculator-ENIAC, yang dikembangkan pada tahun 1946 oleh john W.Mauchly dan J.Presper Eckert, dua orang insinyur di University of pennsylania. ENIAC adalah pendahulu dari UNIVAC  I Remington Rand, yang merupakan komputer otomatis universal yang pertama kali dipasarkan secara luas.                                         
UNIVAC  I yang pertma dipasang di sebuah organisasi pemerintah, Biro Sensus AS (US. Cencus Bureau),pada tahun 1951. Jenis mesin yang sama dipasang untuk pertama kalinya di sebuah organisasi bisnis, General Electric. Figtur 1.1 ada;aj foto UNIVAC. Istilah mainframe masih digunakan hingga saat ini, kini dipergunakan untuk menggambarkan komputer- komputer besar yang letaknya tersentralisasi yang biasanya ditemukan di organisasi-organisasi besar.
                Meskipun IBM bukan merupakan pembuat komputer yang pertama, IBM tidak membutuhkan waktu lama sebelum menjadi yang terdepan di dalam industri ini.
                IBM telah memiliki lini produk penuh, dan perusahaan ini berevolusikan industri komputer dengan memperkenalkan lini komputer IBN System/360. Meskipun prosesor sebuah komputer biasanya melakukan tugas satu persatu,istilah multitasking mengacu pada fakta bahwa lebih dari satu orang pengguna akan terlihat bekerja  menggunakan komputer dalam waktu bersamaan. Sistem seperti System/360 sangat mahal harganya jika dilihat menurut standar saat ini dan hanya dapat dibeli oleh organisasi-organisasi besar.
Komputer Berukuran Lebih Kecil
Para pengguna harus mengomunikasikan kebutuhan formasinya kepada spesialis informasi (information specialist). Contoh spesialis informasi adalah analis sistem, pemrograman (programmer) administrator basis data (database),spesialis jaringan, dan Webmaster. Para pengguna merasa tidak sabar dan mulai meminta akses ke data berbasis komputer tanpa harus melalui spesialis informasi.Beberapa produsen kebutuhan untuk menyediakan sumber daya komputer ini kepada para pengguna kecil dan lebih murah dari pada mainframe.
                Sistem skala kecil yang pertama disebut komputer mini (minicomputers). Diikuti oleh komputer yang lebih kecil lagi yang disebut komputer mikro (microcomputer),atau mikro (micro). Bila komputer mini ditujukan untuk organisasi-organisasi kecil, komputer mikro dilihat sebagai sebuah komputer yang dapat dimiliki dan dioprasikan oleh seorang individu. Apple dan Tandy Corporaction adalah pelopor  di pasar komputer mikro.
                Ketika IBM memperkenalkan komputer mikronya, yang disebut personal computer,atau PC, produk IBM maupun namanya diadopsi secara universal, dan dewasa ini istilah komputer pribadi (personal computerPC), bersama-sama dengan komputer mikor, digunakan untuk menggambarkan sistem-sistem yang kecil,kuat, dan relatif tidak mahal yang dipergunakan oleh aplikasi bisnis maupun pribadi. Adalah foto dari komputer  notebook  IBM ThinkPad.
                (kini Lenovo ThinkPad). Thinkpad ini hanya berbobot 4 pon, dengan harga sekitar $1.500, dan melakukan kalkulasi 750.000 kali lebih cepat dari pada UNIVAC.
Hukum Moore (Moore’s Law)
Kecepatan prosesor telah mengalami penin
gkatan yang luar biasa cselama beberapa tahun sejak IBM memperkenalkan komputer mikronya yang pertama. Istilah Hukum Moore (Moore’s Law ), dari Gordon Moore, salah satu pendiri Intel, Pada awalnya hukum ini menyatakan bahwa kerapatan penyimpanan sirkuit terintegrasi dari sebuah chip silikon akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya. Komputer akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan dengan mengeluarkan sejumlah biaya tertentu, kekuatanya akan menjadi lebih kuat (atau jutaan kali lebih kuat dengan harga yang relatif sama).
            Dampak Hukum Moore akan sulit diterima oleh banyak orang. Para manajer yang tidak dapat memahami implikasi terdapat perubahan dalam teknologi informasi untuk menghadapinya, dan menggunakan perubahan tersebut sebagai suatu keunggulan kompetitif. Seharusnya akan dapat menggambarkan Hukum Moore pada Anda. anda akan memulai sebuah pekerjaan dengan gaji awal sebesar $5.000 tetapi gaji Anda akan naik dua kali lipat setiap satu setengah tahun (didasarkan atas Hukum Moore).
Perbandingan Gaji
      TAHUN                TEMAN                   ANDA
1                        $40.000                 $ 5.000
3                        $57.600               $ 20.000
6                        $99.533               $ 80.000                                                                
9                      $171.993             $ 320.000
           12                     $297.203          $ 1.280.000
           15                     $513.567          $ 5.120.000                                                                                                               
PENGANTAR ARSITEKTUR KOMPUTER
Ketika seorang memikirkan komputer, mereka sering kali memeikirkan sekumpulan prosesor komputer dan alat-alat input dan output, Komputer mainframe terbesar dan personal computer di meja Anda memiliki arsitekturyang serupa. Peranti keraas komputer akan dikendalikan oleh sistem oprasi. Peranti lunak aplikasi menjalankan tugas-tugas bagi pengguna, seperti pengolah kata,melakukan perhitungan di spreadsheet, memani- pulasi informasi melalui basis data, dan banyak lagi.
Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya. Yang dikendalikan oleh sebuah sistem operasi seperti Windows XP, mengelola alat input dan output,alat penyimpanan data, dan operasi atas data.Unit Pemroses Sentral( Central Processing Unit—CPU) mengendalikan seluruh komponen lain. Memori Akses Acak (Random Access Memory—RAM) bertindak sebagai tempat kerja sementara bagi CPU; semakin besar area kerja,maka akan semakin cepat CPU menyelesaikan tugas-tugasnya.
CPU dan RAM terdapat pada motherboard sebuah komputer, papan sirkuit yang menjadi tempat terhubungnya semua sarana.CD-ROM,USB flash drive, dan hard disk (yang juga dikenal sebagai hard drive) adalah alat penyimpanan data, berbeda dengan RAM adalah penyimpanan data secara permanen, danbukan sementara. Dipergunakan bersama-sama dengan keyboard, monitor mouse,dan printer,komputer mikro akan dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan manajerial.
PENGANTAR ARSITEKTUR KOMUNIKASI
Komunikasi antarkomputer dibatasi oleh adanya fakta diprioritaskannya komunikasi telepon antara manusia. Standar dan prosedur komunikasi telepon tidak pernah dimaksudkan untuk mengakomodasi komunikasi digital yang sangat cepat yang dibutuhkan antarkomputer.
Mengilustrasikan berbagai jalur yang dapat diambil oleh komunikasi suara dan data. Untuk komunikasi data, baik awal maupun akhir suatu komunikasi data akan membutuhkan adanya sambungan kesebuah modem. MODEM adalah sebuah alat peranti keras yang memodulasi sinyal digital dari sebuah komputer (baik itu mati atau hidup,seperti sebuah saklar lampu)ke dalam sinyal analog (suatu gelombang kontinumisalnya bunyi suara), dan sebaliknya.
Komunikasia antarkomputer yang tidak mempergunakan sistem telepon publik biasanya akan jauh lebih cepat. Komunikasi langsung seperti ini mulai dikembangkan setelah standar sistem telepon publik selesai dikembangkan.
 Kini komputer dapat berkomunikasi melalui jaringan nirkabel.Komputer di rumah Anda dapat menggunakan sebuah modem yang tersambung kesambungan telepon Anda yang memiliki kecepatan 56.000 bit per detik (56 Kbps),atau kesambungan TV kabel yang memiliki kecepatan hingga mencapai 2 juta bit per detik (2 Mbps). Jaringan nirkabel yang paling umum saling bertukar data pada kecepatan 11 juta bit per detik (11 Mbps),tetapi dengan kemampuan yang dapat mencapai kecepatan hingga 54 Mbps. Jaringan komputer di dalam sebuah perusahaan sering kali memiliki kecepatan antara 10 hingga 100 Mbps. Kini telah tersedia beberapa jenis model “digital”.Ketersediaan modem digital akan bergantung pada layanan kabel dan telepon di wilayah anda.
Revolusi nirkabel terus berlanjut. Namun,masih terdapat awan yang  masih menggantungkan di cakrawala komunikasi  nirkabel, yaituh masalah keamanan. Meskipun jaringan nirkabel murah dan mudah untuk dipasang, sebagian besar pengguna tidak mengimpelementasikan fitur-fitur keamanan yang ada. Solusi yang paling mudah atas masalah ini adalah dengan membeli peranti keras dan/atau peranti lunak firewall  ketika membeli jaringan nirkabel. Bahkan,banyak penjual peranti keras jaringan nirkabel secara otomatis akan menentukan fitur keamanan selama proses instalasi.
EVOLUSI DI BIDANG APLIKASI KOMPUTER
Sistem informasi adalah suatu sistem virtual yang memungkinkan manajemen mengendalikan operasi. Sistem fisik (physical system) perusahaan terdiri atas sumber-sumber dayabahan baku,karyawan,mesin dan uang.Sedangkan sistem virtual (virtual system) terdiri atas sumberdaya informasi sumber daya-sumber daya input menjadi sumber-sumber daya output.
                Sumber daya input berasl dari lingkungan perusahaan, lalu terjadi transformasi,dan sumber daya output dikembalikan lagi ke dalam lingkungan yang sama.
Sitem fisik sebuah perusahaan adalah suatu sistem terbuka (open system). Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak berkomunikasi dengan lingkungannya.
Sistem Pemrosesan Transaksi
Sebelum komputer ada,sistem virtual perusahaan adalah kombinasidari proses manual, mesin-mesin pembukuan yang digerakkan oleh kunci,dan sistem kartu berlubang (punch-card system) yang memproses data perusahaan. Data terdiri atas fakta dan angka.
sistem berbasis komputer yang pertama disebut sistem pemrosesan data elektronik (electronic data processing systemEDP). Belakangan istilah sistem informasi akutansi (accounting information system —AIS)  mulai dikenal.
Kini sistem pemrosesan transaksi (transaction processing system)merupakan istilah yang telah umum. Biasanya menceritakan suatu hal yang belum diketahui kepada pengguna. Penting mengetahui aliran informasi ke lingkungan.Banyak, atau bahkansebagian besar,informasi.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem pemrosesan transaksi,baik spesialis informasi perusahaan maupun produsen komputer ingin terus melanjutkan peningkatan dalam aktivitas komputasi, mereka mencari area-area aplikasi yang baru. Output informasi dari sistem pemrosesan transaksi ternyata masih jauh dari sempurna.
Lama-kelamaan,seiring dengan meningkatnya pengetahuan komputer,mereka menjadi paham akan logika yang mendasari proses yang meraka ikuti dalam memecahkan masalah. Kita mendefinisikan sistem informasi manajemenSIM (management informasi system —MIA).biasanya terdiri atas etitas-etitas organisasi formal perusahaan atau sub-unit. Informasi yang diberikan oleh SIM menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya dilihat dari apa yang telah terjadi dimasa lalu, SIM akan menghasilkan informasi ini melalui penggunaan dua jenis peranti lunak:
          Peranti lunak pembuat laporan (report-writing software) yang menghasilkan laporan berkala maupun laporan khusus. Laporan khusus, yang sering disebut pula laporan ad hoc.
  Model matematia menghasilkan informasi sebagi hasil dari suatu simulasi atas operasi perusahaan. Model-model matematis yang dapat menggunakan semuah jenis bahasa pemrograman. Akan tetapi,bahasa-bahasa pemodelan khusus dapat menjadikan tugas inh menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk dilakukan.
Output informasi yang dihasilkan akan oleh pihak memecahkan masalah (baik itu manajer  maupun kalangan profesional).
Kita lihat model  SIM, Lingkungan menjadi terlibat ketika perusahaan berinteraksi dengan organisasi lain,seperti pemasok, untuk membentuk   suatu sistem informasi antarorganisasi  (interorganizational information system IOS).
Sistem Kantor Virtual (Virtual Office System)
Teknologi komputer telah diterapkan pada tugas-tugas kantor ketika IBM memperkenalkan sebuah mesin tik elektronik yang memiliki kemempuan mengenali pita magnetik. Ini adalah awal dari otomatisasi kantor  (office automation), yaitu penggunaan elektronik untuk memfasilitasi komunikasi.
 Aplikasi tambahan meliputi surat elektronik (e-mail),surat suara (voice mail),kalender elektronik,konferensi audio, konferensi video,konferensi komputer,dan transmisi faksimili (fax). Sistem-sistem ini awalnya sederhana dan bersifat adminiatratif. Disebut  sebagian suatu sistem produktivitas pribadi (personal productivity system). Sebagian contoh   Sistem produktivitas pribadi berisi alamat surat-menyurat,alamat e-mail,dan banyak lagi. Telepon genggam atau personal digital assiatant (PDA). Para manajer dapat dengan cepat berkomunikasi melalui e-mail dan daftar diatribusi daripada mendikte sebuah memo,meminta orang lain.
 Kemampuan aplikasi otomatisasi kantor melahirkan konsep kantor virtual (virtual office).
Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan (Deciaion Support System)
Beberapa sistem pendukung pengambilan keputusan (deciaion support system) dicetuskan oleh G.Anthony Gorry dan Michael S.Scott Morton,keduanya profesor MIT. Suatu sistem pendukung pengambilan keputusan (deciaion support systemDSS), suatu contoh adalah DSS yang diancang untuk membantu seorang manajer penjualan menentukan tingkat komisi terbaik bagi para tenaga penjualannya. Informasi yang diberikan kepada penggunabasis data relasional (relational database),basis pengetahuan (knowledge base), dan basis data multidimensional (multidimensional database). Peranti lunak yang berorientasi pada kelompok yang disebut groupware. Groupware memungkinkan DSS bertindak sebagia suatu sistem pendukung pengambilan keputusan kelompok (group deciaion support systemGDSS).
Kecerdasan buatan dan pemrosesan analitia secara online (on-line analytical processing). Kecerdasan buatan (artificial intelligence AI)adalah ilmu yg memberikan kemampuan bagi komputer menunjukan perilaku yang sama dengan seorang manusia yang memiliki kecerdasan.
 Suatu mesin dedukasi (inference engine) yang menganalisih pengetahuan.
 Pemrosesan analitia secara online (on-line analytical prosesingOLAP) guna memfasilitasi penyajian penyimpana data yang hampir tidak ter hingga jumlahnya.
Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (Enterpriae Resource Planning System)
Sistem pemrosesan transaksi,SIM dan DSS,ketiga-tiganya dikembangkan tanpa melalui suatu rencana utama. Mereka menyebut produk mereka sebagai sistem perencenaan sumber daya usaha (enterpriae resource planningERP).
Suatu sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan manajemen seluruh sumber daya perusahaan dalam basis keseluruhan organisasi,pertumbuhan peranti lunak ERP yang luar biasa pesat. Dan suatu sistem ERP membutuhkan adanya komitmen keuangan yang sangat besar dari organisasi.
PENGGUNA SISTEM INFORMASI
Pengguna pertama output komputer adalah para karyawan administrasi dibidang akutansi. Sistem dikembangkan secara sepesifikasi, sistem informasi manajemen terdengar kebalikanya,manajer bukanlah satu-satunya pemilik SIM; nonmanajer dan staf profesional menggunakan pula hasil outputnya. Akan tetapi buku ini kita akan menekankan pengguna SIM oleh manajer.
MANAGER SEBAGAI PENGGUNA SISTEM INFORMASI
Manajer adalah individu, kebutuhan informasi yang mereka miliki juga sangat beragam. Kecuali profesional sistem informasi dan manajer memahami kerangka manajerial yang menjadi dasar dari organisasi-organisasi modern.
Di Mana Manajer Ditemukan 
Manajer terdapat diberbagai tingkatan manajerial dan didalam berbagai area bisnis perusahaan.
TINGKATAN-TINGKATAN MANAJEMEN  Teoretikus manajemen  Robert  N. Anthony memberikan nama untuk tiga tingkatan manajemen utama puncak,menengah,dan rendah.tingkat perencanaan strategis (strategic planning level), mengakui adanya fakta .
Anthony menyebut tingkat kendali manajemen (management control level), karena manajer tingkat menengah memiliki tanggung jawab. Tingkat terendah disebut tingkat kendali operasional (operational control level), karena disinilah operasi perusahaan benar-benar terjadi.AREA BISNIS selain tingkata organisasi,manajer dapat ditemukan diberbagai area bisnis. Tiga area bisnis tradisional adalah pemasaran,produksi,keuangan.
Apa yang Dilakukan oleh Manajer
Di antara tingkat-tingkat manajemen dan diarea bisnis, FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN Pertama,manajer merencanakan apa yang akan mereka lakukan.selanjutnya,mereka berorganisasi  untuk menjalankan rencana.Kemudian,mereka mengisi  organisasi mereka dengan sumber daya yang dibutuhkan. Dengan sumber daya yang telah tersedia, mereka mengarahkan  sumber daya tersebut untuk melaksanakan rencana. Terakhir, mereka mengendalikan  sumber daya,menjaga mereka tetap pada jalurnya.
PERANAN MANAJERIAL Henry Mintzberg, seorang profesor dari McGill University di Montreal,menyatakan bahwa fungsi-fungsi fayol  tidak dapat mengungkapkan cerita secara lengkaf.
PERANAN INFORMASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MANAJEMEN
Aktivitas terpenting yang dilakukan seorang manajer seperti komunikasi.
Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
Pemecahan masalah adalah solusi. Suatu hal yang mudah untuk dilakukan,karena kita jarang mengartikan frase mengambil keuntungan dari sebuah situasi sama halnya dengan kita mengartikan frase memperbaiki sebuah situasi yang buruk. Kita akan memperhitungkan kesempatan ke dalam pemecahan masalah dengan mendefinisikan masalah (problem). Kita ulang kembali bahwa hasil dari aktivitas pemecahan masalah adalah solusi. Keputusan adalah tindakan tertentuyang dipilih.
Tahapan-tahapan Pemecahan Masalah
Herbert A.Simon, ilmuan manajemen pemenang hadiah Nobel, mendapat pengakuan karena mendefinisikan empat tahapan dasar pemecahan masalah yang telah diakui secara universal:
Aktivitas intelijen  . Mencari kondisi-kondisi yang membutuhkan solusi didalam lingkungan.
Aktivitas perancangan .  Menemukan,mengembangkan,dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan tindakan.
Aktivitas pemilihan . Memilih satu tindakan tertentu dari berbagai tindakan yang  tersedia.
Aktivitas peninjauan .  Menilai pilihan-pilihan massa lalu.
MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI
Masa depan teknologi informasi akan didorong oleh biaya yang rendah dan meningkatnya kekuatan komputer  maupun komunikasi. Telepon genggam kini memiliki browser,e-mail, dan kemampuan foto serta fitur-fitur penyuntingan.
Canesta, Inc. telah mengembangkan sebuah keyboard  yang dibuat hanya oleh cahaya. Sebuah keyboard yang dapat diproyeksikan ke semuah permukaan yang datar. Logitech telah mengembangkan pula io, sebuah pena digital. Roller di dalam pena ini bekerja hampir  sama seperti  bola roller di dalam mouse  komputer,akan tetapi pena ini maupun “mengingat” seluruh kata dan gambar yang  ditulis. Pengguna tinggal menempatkan pena ke dalam keranjangnya dan meng-unggah (upload) teks dan gambar yang dibuat dengan menggunakan pena tersebut.
RINGKASAN
Komputer pertama, yang disebut mainframe, berukuran sengat besar dan hanya mampu dimiliki oleh perusahaan-perusahaan terbesar. IBM menamakan komputer mikronya sebagai personal computer, atau PC, dan nama ituh kemudian dikenal,tidak hanya untuk komputer-komputer IBM, namun juga untuk kompter-komputer  yang diproduksi oleh pihak-pihak lain.
Personal computer bukan sekedar istilah yang bagus saja;ia juga menggambarkan rasa kepemilikan yang dimiliki oleh manajer setelah mereka dapat mengakses dan memanipulasi data mereka sendiri. Inovasi bidang teknologi peranti keras adalah Hukum Moore, yang menyatakan bahwa kekuatan sebuah komputer akan meningkat dua kali lipat setiap 18 bulan. Arsitektur dari sebuah komputer (CPU,RAM, penyimpanan data, dan fitur-fitur  lain) akan tetap sama untuk beberapah waktu mendatang. Sistem informasi yang pertama menjalankan fungsi-fungsi akuntansi perusahaan dan disebut sistem pemrosesan transaksi (transaction processing system). Sistem informasi digunakan oleh para manajer ,nonmanajer,profesional, dan orang-orang di luar perusahaan. Memahami teknologi dan dampaknya pada pengambilan keputusan merukan suatu hal yang sangat penting  artinya bagi manajemen yang baik. Keahlian spreadsheet dan pengolahan kata  yang  Anda pelajari hari ini adalah sesuatu yang berharga,tetapi kemampuan untuk beradaptasi  dan memanfaatkan teknologi dalam pengambilan keputusan esok hari memiliki  arti yang jauh lebih penting.
ISTILAH-ISTILAH PENTING
Mainframe                                                                                                                                                                                                                           
Multitasking
Information specialist (spesialis informasi)
Minicomputer (komputer mini)
Microcomputer,micro (komputer mikro,mikro)
Personal computer,PC (komputer pribadi)
Modem
Open system (sistem terbuka)
Closed system (sistem tertutup)
Data
Information(informasi)
Office automation (otomatisasi kantor)
Personal prudctivity system (sistem produksivitas pribadi)
Virtual office (kantor virtual)
Groupware
Problem (masalah)
Solution (solusi)
Decision (keputusan)
KONSEP-KONSEP PENTING
Moore’s Law (Hukum Moore)
Physical system (sistem fisik)
Virtual system (sistem virtual)
transaction processing system (sistem pemrosesan transaksi)
management information systemMIS (sistem informasi manajemenSIM)
interorganizational information systemIOS (sistem informasi antarorganisasi)
decision support systemDSS(sistem pendukung pengambilan keputusan )
group decision support systemGDSS (sistem pendukung pengambilan keputusan kelompok)
artificial intelligenceAI (kecerdasan buatan)
enterprise resource planning systemERP (sistem perencanaan sumberdaya perusahaan)
strategic planning level (tingkat perencanaan strategis )
management control level (tingkat kendali manajemen)
operational control level (tingkat kendali operasional)
management functions (fungsi-fungsi manajemen)
managerial roles(peran-peran manajeme)
problem-solving phases (tahapan-tahapan pemecahan masalah)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar