Bab 2
Sistem
Informasi untuk Keunggulan
Kompetitif
Pendahuluan
Keunggulan
kompetitif dafat dicapai melalui pengelolaan sumber daya fisik,akan tetapi
sumber daya virtual ternyata juga dapat
memainkan peranan yang besar. Michael
E porter diakui sebagai orang yang paling banyak
mengungkapkan konsep keunggulan kompotitif dan mengontribusikan
pemikiran-pemikiran mengenai rantai nilai (value chain) dan
sistem nilai (value
system) yang setara dengan melihat sesuatu secara sistem
atas perusahaan dan lingkungannya.
Perusahaan multinasional sering
kali mengontrakkan pekerjaan (outsource) ke organisasi-organisasi lain agar dapat mencapai suatu ke unggulan
ekonomi. Suber daya informasi sebuah
perusahaan meliputi peranti keras,peranti lunak,spesialis informasi,pengguna,
fasilitas,basis data (database),dan informasi. Tugas manajemen pengetahuan (knowledge management) akan terus-menerus berubah. Cheif
informastion officer (yang
disebut pula cheif
technology officer) memainkan peranan penting dalam semuah
jenis perencanaan strategis.
PERUSAHAAN DAN LINGKUNGANNYA
Perusahaan mengambil sumber daya lingkungannya, mengubah
sumber daya tersebut menjadi produk dan
jasa,dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah kembali ke lingkungan.
Model Sistem Umum Perusahaan
Sumber daya virtual
berada dibagian atas. Bagan ini menggambarkan model sitem umum perusahaan,
model ini menampilkan arsitektur bagi seluruh jenis organisasi dalam bentuk sebuah sistem.
ALIRAN SUMBER DAYA FISIK
Perusahaan meliputi pegawai, bahan baku,mesin
dan uang. Uang memasuki perusahaan dalam
bentuk penerimaan penjualan, investasi pemegang saham,dan pinjaman lalu diubah
menjadi pembayaran kepada pemasok, pajak kepada pemerintah,dan pengembalian kepada
para pemegang saham.
ALIRAN SUMBER DAYA VIRTUAL
Aliran 2 arah, data dab informasi yang menghubungkan perusahaan dengan
lingkungannya ditunjukan dibagian sebelah kanan.
MEKANISME PENGENDALIAN PERUSAHAAN Unsur-unsur yang harus memungkinkan perusahaan mengendalikan operasinya
sendir meliputi (1.) standar kinerja yang harus dipenuhi oleh perusahaan
jika ia ingin mencapai tujuannya secara keseluruhan, (2.) manajemen
perusahaan,dan (3.) suatu pemrosesan informasi yang mengubah data menjadi
informasi.
LINGKARAN UMPAN BALIK (feedback loop) terdiri atas sumber-sumber daya virtual. Informasi ini diberikan
kepada para manajer, yang melakukan pengambilan keputusan yang akan memengaruhi
prubahan-perubahan yang dibutuhkan pada sistem fisik.
Perusahaan di dalam Lingkungannya Lingkungan
dapat bervariasi dari suatu perusahaan ke perusahaan lain. Unsur-unsur
lingkungan inh adalah organisai dan individu yang ber beda di luar perusahaan
dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung atas perusahaan. Sistem
yang lebih besar yang di sebut masyarakat (society).
Pemasok (supplier),atau yang di sebut
juga vendro, memasok bahan baku,
mesin,jasa,dan informasi. Produk ini lalu dipasrkan kepada pelanggan (customer) perusahaan serikat pekerja (labor union).
Komunitas keuangan (financial community) terdiri atas institut-institut
seperti bank dan institusi pemberi
pinjamanlainya. Pemegang saham dan
pemilik (stock bolders and
owners ) adalah orang-orang yang menginvestasikan. Pesaing (competitor)mencakup semuah organisasi yang bersaing dengan
perusahaan. Pemerintah (government),baik
itu di tingkat nasional,provinsi,maupun lokal akan memberikan batasan dalam
bentuk peraturan dan perundang-undangan. Komunitas
(global community)wilayah geografis dimanh perusahaan menjalankan
operasinya.
Aliran
Sumber Daya Lingkungan
Unsur-unsur lingkungannya
melalui aliran sumber daya
lingkungan (environmental resource flows), Aliran yang lebih jarang terjadi
meliputi aliran uang dari pemerintah (seperti untuk penelitian),aliran bahan
baku kepada pemasok (pengembalian barang dangangan),Dan aliran pegawai kepada
pesaing (karyawan yang “dibajak”oleh perusahaan lain).
MENGELOLA
ALIRAN SUMBER DAYA FISIK-MANAJEMEN RANTAI PASOKAN (SUPPLY CHAIN MANAGEMENT)
Memfasilitasi aliran sumber daya fisik atau
pemasok kepada perusahaan dan selanjutnya kepada pelanggan disebut sebagai rantai pasokan (supply chain). Sebagai manajemen rantai pasokan (supply chain
management). Terdiri atas aktifitas-aktivitas sebagai berikut ini:
•Meramalkan permintaan pelanggan
•Membuat jadwal produksi
•Menyiapkan jaringan transportasi
•Memesan persediaan pengganti dari para
pemasok
•Menerima persedian dari pemasok
•Mengelola persediaan-bahan
mentah,barang dalam proses,dan,barang
jadi
•Melakukan produksi
•Melakukan transportasi sumber daya
kepada pelanggan
•Melacak aliran sumber daya dari
pemasok,di dalam perusahaan,dan kepada pelanggan
Sistem
Elektronik
Data di masukkan ke dalam terminal meliputi
input keyboard, pemindaian kode batang,atau ID frekuensi radio.
Manajemen Rantai Pasokan dan Sistem Perencanaan
Sumber Daya Usaha.
Perencanaan sumber daya perusahaan (enterprise resource planning—ERP),
Penggunaan sistem ERP dari vendor yang
sama (SAP,Oracle,atau
produk lainnya)oleh para anggota di dalam rantai pasokan, tetapi biaya suatu
sistem ERP dapat menjadi sangat tinggi, dan di dalam pasokan ingin membeli
peranti lunak ERP. misalnya yang dimiliki oleh pengecer besar seperti WalMart
terhadap para pemasoknya.
KEUNGGULAN
KOMPETITIF
Keunggulan kompetitif (competitive advantage)
mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkittan ( leverage)di
dalam pasar.
Rantai Nilai
Porter
Profesor Harvard
Michael E. Porter adalah orang yang paling sering dikaitkan
dengan topik keunggulan lompetitif. Keunggulan kompetitif dengan menciptakan
suatu rantai nilai (value chain). Margin adalah nilai dari produk dan
jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya, seperti yang di terima oleh
pelanggan perusahaan.
Porter sebagai aktivitas nilai (value activities). Aktivitas nilai utama (primary value
activities) ditunjukan pada lapisan bagian bawah,
meliputi logistik input yang mendapatkan bahan baku dan persediaan dari
pemasok,operasi perusahaan yang mengubah bahan baku menjadi barang jadi.
Aktivitas
nilai pendukung (support value activities).selain
itu, tiga aktivitas akan mempengaruhi aktivitas utama secara terpisah maupun
dalam bentuk terkombinasi—yaituh manajemen sumber daya manusia,
pengembangan teknologi dan pengadaan (pembelian).
MEMPERLUAS
RUANGAN LINGKUP RANTAI NILAI ini dapat menghasilkan suatu sistem
interorganisasional (interorganizational
system—IOS).
Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sebagai sekutu bisnis (business partners),salah
satu contoh adalah kesepakatan just-in-time (JIT)
dengan pemasok untuk mengirimkan bahan baku. Perusahaan juga dapat mengaitkan
rantai nilainya dengan rantai nilai para anggota jalur distribusinya,sehingga
menciptakan suatu sistem nilai (value system).
Ketikanpara pembeli produk perusahaan adalah organisasi,rantai nilai perusahaan
danpara anggota distribusinya. Ketika pembeli adalah pelanggan individual,
mereka dapat menggunakan situs Web perusahaan untuk mendapatkan informasinya
dan melakukan pembelian.
Dimensi-dimensi Keunggulan Kompetitif
Pada tingkat kendali manajemen (menengah),
manajer dapat memberikn sepesifikasinya,dan pada tingkat kendali operasional
(lebih rendah).manajer dapat menggunakan teknologi informasi yang akan
memastikan efisiensi operasi,sehingga mencapai keunggulan operasional.
KEUNGGULAN
STRATEGIS keunggulan
strategis (strategic advantage) adalah keunggulan yang memiliki
dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan. Perusahaan dapat memutuskan untuk mengubah
seluruh datanya menjadi basis data dengan alat penghubung standar (seperti alat
penghubung browser Web). Basis data yang terstandardisasi
dan dapat diakses melalui browser Web mencerminkan pergeseran posisi perusahaan
secara strategis. Setiap sambungan ke internet akan memungkinkan pengguna
menggunakan sebuah browser Web
untuk mengakses laporan dari seluruh tempat di manapun di dunia ini. Apakah
seorang hacker akan berpura-pura menjadi vendor atau pelanggan agar dapat
mendapatkan akses ke basis data dan merusak sumber daya informasi perusahaan.
KEUNGGULAN
TAKTIS sebuah perusahaan mendapatkkan keunggulan taktis (tactical advantange) ketika
perusahaan tersebut mengimplementasikan strategis dengan cara yang lebih baik
dari para pesaingnya.
KEUNGGULAN
OPERASIONAL keunggulan operasional (operational advantage)adalah
keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari. Browser sering
memilik cookies,file-file
kecil berisi informasi yang ter dapat didalam komputer pengguna.
TANTANGAN DARI PESAING-PESAING GLOBAL
Perusahaan multinasional (multinational
corporation—MNC)adalah
sebuah perusahaan yang beroperasi lintas produk,pasr,negara,dan budaya. Perusahaan
multinasional terdiri atas perusahaan induk dan sekelompok anak
perusahaan. Alasan utama melakukan outsource adalah ekonomi. Namun ,outsourcing TI adalah perlindungan Hak kekayaan
intelektual (HAKI).
Adalah dengan mengakuisisi perusahaan outsource asing. IBM membeli Daksh eServicse, salah satu
perusahaan call-center terbesar di India.
Kebutuhan Khusus untuk Pemrosesan Informasi
di Perusahaan Multinasional
Kebutuhan pemrosesan informasi dan koordinasi,
kebutuhan-kebutuhan ini merupakan hal yang sangat penting artinya bagi
perusahaan multinasional (MNC).
Kebutuhan Khusus untuk Koordinasi di
Perusahaan Multinasional
Sumber daya informasi yang tersebar-peranti
keras,peranti lunak,dan pegawai-menjadi sulit untuk dikelola dan dapat diatur
oleh peraktik-peraktik bisnis yang saling bertentangan.
Keuntungan Koordinasi
Keuntungan koordinasi antara lain meliputi :
• Fleksibilitas
dalam merespons pesaing di berbagai negara dan pasar
• Kemampuan
untuk merespons perubahan yang terjadi disuatu negara pada suatu negara
lain-atau suatu wilayah dalam satu negara lain
• kemampuan
untuk menyamai kebutuhan pasar di seluruh dunia
• kemampuan
untuk berbagi pengetahuan antarunit diberbagi negara
• Mengurangi
biaya operasional secara keseluruhan
• Peningkatan
efisiensi dan efektifitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan
• Kemampuan
untuk meraih dan mempertahankan keragaman produk perusahaan dan juga bagai mana
produk diproduksi dan didistribusikan
TANTANGAN DALAM MENGEMBANGKAN
SISTEM
INFORMASI GLOBAL
Istilah sistem informasi global (global information system—GIS). Diberikan
untuk suatu sistem informasi yang terdiri atas beberapa jaringan yang melintasi
batas negara.
Kendala-kendala Politis
Pembatasan yang umum adalah akses yang
terbatas ke komunikasi berkecepatan tinggi.
Rintangan Budaya dan Komunikasi
Interaksi dengan teknologi dapat sangat
bervariasi di beberapa budaya. Antamuka (interface),GIS harus tetap konsisten meskipun menggunakan
bahasa yang berbeda-beda. Rintangan budaya juga dapat mempengaruhi rancangan
suatu GIS.
Pembatesan
komunikasi DATA pembatesan komunikasi data yang paling banyak
dipublikasikan adalah Aliran data antarnegara(transborder data flow—TDF).
Masalah-masalah Teknologi
Di beberapa negara,sumber listrik yang dapat
diandalkan mungkin tidak tersedia,sehingga mengakibatkan seringnya terjadi
gangguan listrik.
Kurangnya Dukungan dari Manajemen Anak
Perusahaan
Mereka memandang peraturan yang ditetapkan
oleh kantor pusat sebagai suatu hal yang tidak perlu. Beberapah manajer anak
perusahaan mendapat imbalan berdasarkan profitabilitas.
MANAJEMEN PENGETAHUAN
• Peranti
keras komputer • Peranti lunak komputer • Sepesialis
informasi • Pengguna
• Fasilitas
• Database • Informasi. Semuah aktivitas ini—mengakuisisi
data,menjadi informasi,dan menghapus informasi pada waktu yang tepat — disebut
manajemen pengetahuan (knowledge
management).
Dimensi Informasi
Pengembangan sistem Dimensi dibagi menjadi 4
yaituh :
•Relevansi. Informasi
memilik Relevansi jika informasi tersebut berhubungan dengan masalah yang
dihadapi.
•Akurasi. Idealnya
,seluruh informasi seharusnya akurat.
•Ketepatan waktu.
Pengambilan keputusan sebelum situasi yang genting berkembangnya atau hilangnya
peluang yang ada.
•Kelengkapan. Istilah kelebihan mauatan informasi (information overload)menunjukan
bahwa memiliki informasi yang terlaulu banyak juga dapat memberikan kerugian.
Sifat Manajemen Pengetahuan yang Berubah-ubah
Sistem pemrosesan transaksi yang akan
memproses pesanan pelanggan,membuat catatan persediaan menghitung jumlah gaji
dan tugas-tugas lain yang serupa. Karenaya sistem informasi dianggaf memiliki
“tingkat rendah”karena ber hubunan dengan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan
kepada organisasi di “tingkat rendah.”
PERENCANAAN STRATEGIS UNTUK SUMBER DAYA
INFORMASI
Unit ini,yang disebut sebagai layanan informasi
(information services—IS)dikelolah
oleh seorang manajer yang mungkin memiliki status wakil presiden.
Chief Information Officer dan chief Technology
Officer
Chief
information officer (CIO)atau chief technology officer (CTO) adalah manajer dengan tingkat
tertinggi di layanan informasi.
Perencanaan Strategis bagi Perusahaan
Setelah rencan dibuat, komite eksekutif akan
memonitor pelaksanaannya sepanjang tahun dan, jika dibutuhkan, mengambil
tindakan yang sesuai.
Rencanaan Strategis untuk Area-area Bisnis
Mereka melihat adanya kebutuhan bagi
masing-masing are bisnis untuk mengembangkan rencana strategisnya sendiri.
Rencana area bisnis ini akan merinci
bagaimanah area tersebut akan mendukung usaha ketika berusaha mencapai sasaran
strategisnya.
PENDEKATAN SPIR Perencanaan strategis untuk sumber daya informasi
(strategic planning for information resources—SPIR) adalah
pengembangan rencana strategis secara paralel bagi layanan informasi dan
perusahaan sehingga rencana perusahaan akan mencerminkan dukungan yang akan
diberikan oleh layanan informasi.
Kandungan Inti Rencana Strategis Sumber Daya
Informasi
Terdapat 2 topik inti yang hendaknya terdapat
di setiap rencana yaituh :
• Sasaran
yang akan dicapai oleh setiap katagori sistem sepanjang periode waktu yang
dicakup oleh rencana.
• Sumber
daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran tersebut
Contoh Rencana Strategis Sumber Daya Informasi
SPIR
yang cukup sederhana. Rencana seperti ini dapat menjadi sangat
terinci,tergantung pada kebutuhan masing-masing perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar